5 Penyebar Malware Android Ditangkap - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

5 Penyebar Malware Android Ditangkap

Jika di Indonesia pencurian data di ponsel belum jadi masalah yang serius ditangani polisi, lain halnya di Jepang. Belum lama ini kepolisian Jepang menahan lima orang pelaku pencurian data melalui penyebaran malware. Lima penjahat cyber tersebut telah menyebarkan virus dalam aplikasi video untuk smartphone berbasis Android. Akibatnya, tak kurang 90.000 ponsel pintar terinfeksi dan mengalami pencurian data.

Setidaknya sebanyak 10 juta informasi pribadi para user tercuri akibat malware tersebut. Menurut The Daily Yomiuri, ini merupakan kasus pencurian data terbesar sepanjang sejarang Negeri Sakura tersebut.

Aksi kriminal cyber itu sudah berlangsung sejak akhir bulan maret 2012. Seorang pria yang menjalankan bisnis IT, bekerjasama dengan wanita pekerja IT lain dengan sengaja merilis aplikaasi di Google Store. Aplikasi video yang berbasis Android itu sudah diunduh sebanyak 270.000 kali oleh para user smartphone.

Mereka tak sadar bahwa aplikasi itu mengandung malware yang mempu mentransmisikan informasi personal yang tersimpan di smartphone mereka. Informasi tersebut mencakup daftar nomor telepon dan alamat email user. Semua data itu terkirim ke sebuah server eksternal milik di penyebar malware.

Menurut polisi, informasi yang tercuri dari server sejauh ini masih belum dimanfaatkan oleh si pembuat malware. Namun penyelidikan masih terus dilakukan untuk mengetahui motif si pelaku.

Kasus pencurian data smartphone ini bukan yang pertama kali ditindak oleh kepolisian Jepang. Bulan Juni lalu polisi menaham enam pria yang juga menyebarkan virus yang menginfeksi smartphone Android. Mereka berhasil mendapat keuntungan 21 juta yen dari ulahnya.

sumber : http://ictwatch.com/internetsehat/

Tidak ada komentar untuk "5 Penyebar Malware Android Ditangkap"