Teknologi 3G Pemicu Naiknya Kejahatan Cyber - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Teknologi 3G Pemicu Naiknya Kejahatan Cyber

Kejahatan dunia maya tak hanya mengancam para user yang mengakses internet melalui PC. Para penikmat internet yang menggunakan ponsel untuk berselancar di dunia maya pun juga terkena ancaman serupa.

Keberadaan teknologi 3G yang memungkinkan user untuk mengakses internet di ponsel dengan kualitas jaringan yang baik, memicu meningkatnya kejahatan cyber. Hal ini disampaikan oleh Sunny Vaghela, seorang pakar cybercrime. Para hacker kini mengincar pengguna 3G guna mengakses informasi pribadi mereka dan memakainya untuk hal-hal yang pastinya tidak mengenakkan.

Agar kita, khususnya pemakai layanan 3G terhindar dari incaran hacker, Vaghela menyampaikan sejumlah langkah yang bisa dilakukan. Langkah berikut memang bukan solusi utuh untuk luput dari aksi hacking di ponsel, namun setidaknya bisa meminimalisir kasus pembobolan.
  1. Jangan pernah membalas e-mail yang berisi penawaran hadiah lotere berupa uang.
  2. Usahakan antivirus kamu rutin di-update.
  3. Jangan mengunduh foto-foto artis di e-mail yang dikirim oleh orang tak dikenal.
  4. Hindari mengunduh lagu-lagu yang berasal dari situs yang tidak terpercaya.
  5. Hindari penggunaan software antivirus yang tidak asli alias bajakan karena software ini tidak akan bisa membantumu dalam mengecek virus.
  6. Hindari menyingkap password banking atau PIN di situs-situs. Hal ini memungkinkan datamu terekam oleh website tersebut dan akan disalahgunakan.
Para pejahat kriminal kini semakin lihai dalam melancarkan aksinya. Sebuah ponsel pribadipun bisa diambil alih penggunaannya oleh pihak lain tanpa sepengetahuan si empunya. Dengan bantuan tool-tool dari software tertentu, hacker mampu membuat panggilan dari ponsel si korban. Hal ini disinyalir memuluskan aksi teroris dan juga mencemarkan nama baik atau integritas si korban.

Tidak ada komentar untuk "Teknologi 3G Pemicu Naiknya Kejahatan Cyber"