Centeng.me, Jejaring Sosial baru untuk Saling Tolong - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Centeng.me, Jejaring Sosial baru untuk Saling Tolong

Anda mengalami kesulitan saat meminta tolong hal-hal yang sederhana kepada teman atau tetangga kost anda? Kini telah tersedia layanan teknis pertolongan untuk berbagai hal. Anda dapat meminta tolong melalui akses ke portal Centeng.me.

Untuk meminta pertolongan, pengguna diharuskan mem-post jenis pertolongan yang dibutuhkan melalui portal centeng.me dengan akun facebook atau email. Setelah itu, pengguna lain akan mengambil jenis pertolongan yang diminta.

"Jejaring sosial selama ini sering digunakan untuk menumpahkan rasa galau. Kenapa tidak digunakan untuk konten kebutuhan informasi dan saling tolong menolong," ujar Febrianto Miradji, pendiristart up Centeng.me.

Platform ini terdiri dari dua kategori pengguna, pengguna biasa dan pengguna berkategori 'centeng'. Menurut aturan, pihak yang bisa mengambil jenis pertolongan hanyalah pengguna kategori 'centeng'.

Untuk menjadi 'centeng', pengguna harus mengajak 15 pengguna jejaring sosial twitter atau facebook masuk dan mengisi formulir member centeng.me. "User cuma bisa minta tolong, tapi 'centeng' minta tolong dan menolong," katanya.

Sementara jenis pertolongan yang disediakan yaitu brain (pertolongan berupa saran ide, pemberian informasi) dan muscle (pertolongan teknis).

Sistem bisnis media jejaring sosial ini berbasis akumulasi poin. Saat pengguna mem-post pertolongan, mengisi kolom minimal 20 poin dan maksimal 100 poin bagi centeng. Sedangkan pengguna memiliki tabungan poin setiap berbagi postingan ke Facebook, jumlahnya 10 poin.

Pengguna memberikan poin untuk penolong menyesuaikan dengan jumlah tabungan poin yang dimilikinya. Jadi jika pengguna memiliki poin 100, maka terserah pengguna akan memberikan poin berapapun.

"Centeng yang paling banyak mengumpulkan poin berhak mendapatkan New iPad," ujarnya.

Platform centeng.me yang baru dikembangkan sejak tiga bulan lalu, saat ini masih dalam versi beta dan akan terus dikembangkan ke dalam versi resmi nanti. "Saat ini masih di PC, nanti akan kami kembangkan ke versi mobile," ujar pria lulusan Binus University.

Memang layanan ini dapat bermasalah saat permintaan tolong berjenis hal-hal yang melanggar nilai norma ataupun hukum. Untuk itu, pihak centeng.me sudah mengantisipasi hal tersebut. "Kami tentu memverifikasi hal-hal yang terkait SARA dan kriminal," ujarnya.

Layanan permintaan tolong melalui media sosial ini didapat Febridianto saat ia berliburan ke Korea Selatan. "Jadi ini merupakan solusi jika ada masalah sederhana tapi tak dapat diselesaikan oleh teman terdekat," katanya.

4 Komentar untuk "Centeng.me, Jejaring Sosial baru untuk Saling Tolong"

  1. keren juga neh visi dan misinya,, semoga langgeng dan sukses untuk centeng.me serta untuk ptik-unm.net.. sekarang saya mau ke TKP dulu,,

    BalasHapus
  2. kren jga tpi gmna gbungx

    BalasHapus
  3. @yathihehe ane jg masih pelajarin nih kak nnti tak share klo udah dapt caranya :D

    BalasHapus