Apa itu Artikel, Makalah dan Laporan Penelitian - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Apa itu Artikel, Makalah dan Laporan Penelitian

Bagi mahasiswa seperti saya hampir tiap hari saya mendengar kata artikel, makalah ataupun laporan penelitian, tapi mungkin bagi sebagian orang masih ada yang kuran gmemahami apa sebenarnya artikel, makalah dan laporan penelitian tersebut. kali ini saya akan menjelaskan ketiganya semoga bermanfaat buat kawan-kawan :

Artikel ilmiah adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Artikel ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa, dosen, pustakawan, peneliti dan penulis lainnya dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran dan kajian pustaka atau hasil pengembangan projek. Dari segi sistematika penulisan dan isinya, artikel dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu artikel hasil penelitian dan nonpenelitian. Setiap mahasiswa penulis skripsi, tesis dan disertasi sangat dianjurkan menulis kembali hasil karyanya dalam bentuk artikel untuk diterbitkan dalam jurnal.

Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah ditulis untuk memenuhi tugas terstruktur yang diberikan oleh dosen atau ditulis atas inisiatif sendiri untuk disajiakan dalam forum ilmiah.

Laporan Penelitian adalah karya tulis yang berisi paparan tentang proses dan hasil-hasil yang diperoleh dari suatu kegiatan penelitian

Tidak ada komentar untuk "Apa itu Artikel, Makalah dan Laporan Penelitian"