Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi

Setelah sebelumnya saya menjelaskan apa itu skripsi, tesis dan disertasi? kali ini saya akan menjelaskan perbedaannya.

Secara umum, perbedaan skripsi tesis dan disertasi dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek kuantitatif dan aspek kualitatif. Dari aspek kuantitatif, secara literal dapat dikatakan bahwa disertasi lebih berbobot akademisnya daripada tesis dan tesis lebih berbobot akademiknya daripada skripsi. Ketentuan ini hanya dapat diberlakukan untuk jenis karya ilmiah yang sama (sama-sama hasil penelitian kuantitatif atau sama-sama penelitian kualitatif) dan dalam bidang studi yang sama pula (misalnya sama-sama tentang bahasa atau sama-sama tentang ekonomi) Artinya, disertasi mencakup bahasan lebih luas daripada tesis dan tesis mencakup bahasan yang lebih luas daripada skripsi. Namum ukuran kuantitas ini tidak dapat diberlakukan jika skripsi, tesis dan disertasi dibanding-bandingkan antarbidang studi atau antar penelitian. Oleh karena itu, perbedaan skripsi, tesis dan disertasi biasanya tidak hanya dilihat dari aspek kuantitatif, tetapi lebih banyak dilihat dari aspek kualitatif.

Pada dasarnya, aspek-aspek kualitatif yang membedakan skripsi, tesis dan disertasi dapat dikemukakan secara konseptual, namun sulit untuk dikemukakan secara operasional.
Berikut aspek-aspek yang dapat membedakan skripsi tesis dan disertasi terutama yang merupakan hasil penelitian kuantitatif :

  • Aspek Permasalahan
  • Aspek Kajian Pustaka
  • Aspek Metodologi Penelitian
  • Aspek Hasil Penelitian
  • Aspek Kemandirian

Tidak ada komentar untuk "Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi"