Editor Linux Nano Tinggalkan Proyek GNU - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Editor Linux Nano Tinggalkan Proyek GNU

Nano adalah editor teks berbasis CLI yang sering kita temukan secara default di sistem operasi GNU/Linux. Ia dikembangkan sebagai free software dan sebagai pengganti Pico, editor teks sistem operasi Unix dan turunanannya.

Pertama kali dikembangkan oleh Christian Allegretta pada tahun 1999, nano menjadi anggota GNU Project pada tahun 2001.

Berita yang cukup mengejutkan, nano (yang populer dengan sebutan GNU Nano) keluar dari GNU Project hari kemarin, setelah 1,5 dekade berada di bawah organisasi berlogo kepala gnu ini. Kabar ini pertama kali muncul di berita peluncuran nano 2.6.0 “Rubicon”.

“Dan, dengan peluncuran ini, kami meninggalkan kawanan … Selamat tinggal! Dan terimakasih atas semua rumputnya!” Tulis pengembang di laman nano-editor.org.

Kalimat perpisahan yang menarik, penuh dengan perumpamaan. “Kawanan” yang dimaksud di atas adalah kawanan hewan gnu, yang menggambarkan GNU Project. Sedangkan rumput adalah makanan para gnu, yang bisa diartikan sebagai “naungan” atau apapun yang membuat proyek nano merasa puas dan senang.

Keluarnya nano dari GNU dijelaskan dengan cukup detail oleh Christian Allegretta dalam blognya.

Sejak awal, Christian berminat menjadikan Benno Schulenberg sebagai pemelihara nano selanjutnya. Benno merupakan pengembang aktif nano. Dalam 10 tahun terakhir ini, dia adalah pengirim commit–commit terbanyak ke repositori kode nano.

Untuk mengalihkan hak pemeliharaan, menurut GNU, Benno harus menandatangani perjanjian pemeliharan, tapi ia menolak. Sehingga, GNU tidak mengijinkan Benno menjadi pemelihara nano.

Mau tidak mau, demi kelanjutan pengembangan editor teks ini, Christian mengijinkan Benno mengambil alih nano dan meninggalkan GNU. Ini merupakan commit yang membuktikan bahwa nano telah lepas dari naungan GNU.

Keterangan dari Christian ini juga merupakan bantahan untuk pernyataan Mike Gerwitz–salah satu tim pemelihara GNU, yang menganggap peralihan ini dilakukan secara kurang ajar oleh Benno Schulenberg dengan cara mem-fork GNU Nano dan menyunting situs resmi GNU Nano alih-alih membuat situs lain.

Proyek nano harus terus berjalan, entah di bawah naungan GNU atau tidak. Terimakasih GNU dan Christian Allegretta yang sudah bersusah payah membangun nano bersama pengembang lain. Dan selamat kepada Benno Schulenberg telah menjadi pemelihara utama nano yang baru!

Tidak ada komentar untuk "Editor Linux Nano Tinggalkan Proyek GNU"