Sekilas 41 Tahun Sejarah Email - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Sekilas 41 Tahun Sejarah Email

Sejak kapan email dipakai? Tidak terasa sudah 41 tahun berlalu sejak konsep berkirim pesan melalui internet ini ditemukan. Kian lama, email kian menjadi keseharian manusia. Bayangkan saja, berurusan dengan email ini memakan 28% waktu kita di hari kerja.

Yuk kita telusuri sepintas perkembangan email.

1971: Programer asal Amerika Serikat, Raymond Tomlinson mengirim pesan bertuliskan “QWERTYUIOP” sebagai email pertama di dunia. Ia adalah orang pertama yang menghubungkan komputer ke mailbox-nya dengan menggunakan symbol @.

1977: Sistem email Tomlinson berhasil berjalan di jaringan komputer yang menggunakan software serupa. Kemudian orang mulai menggunakan jaringan Advanced Research Projects Agency Network (ARPA) di bawah naungan Departemen Pertahanan Amerika untuk terhubung dengan jaringan luar.

1981: Mulai diadopsinya American Standard Code for Information Interchange (ASCII) untuk memproses huruf-huruf, tanda baca, dan simbol untuk disimpan secara digital.

1985: Karyawan pemerintah, kalangan militer, pelajar dan profesional akademis mulai terbiasa menggunakan email.

1991: Penyedia jaringan internet mulai diizinkan memperluas akses internet, namun dengan opsi terbatas, sampai kemudian Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web di tahun 1991.

1991: Astronot Shannon Lucid dan James C. Adamson mengirim email pertama dari angkasa luar melalui Macintosh Portable, berisi pesan “Hello Earth! Greetings from the STS-43 Crew. This is the first AppleLink from space. Having a GREAT time, wish you were here,…send cryo and RCS! Hasta la vista, baby,…we’ll be back!”

1993: IDM dan BellSouth memasarkan PDA yang juga berfungsi sebagai ponsel seberat 20 ons. Dilengkapi dengan kalkulator, faks, penerima email, dan pager. Harganya 900 dolar.

1997: Microsoft meraup untung 400 juta dolar dari Hotmail.

1998: Film komedi romantis You’ve Got Mail, dibintangi Meg Ryan dan Tom Hanks, diputar di bioskop.

1998: Kata “spam” mulai ditambahkan di Oxford English Dictionary setelah spam berkembang sejak pertengahan 1990-an.

2003: BlackBerry 850 dan 857 dirilis, dan membuat revolusi di platform mobile yang fokus pada email.

2004: Presiden AS George W. Bush menandatangani Controlling the Assault of Non-Solicited Pornography and Marketing Act menjadi undang-undang. Memanen kritik sebab memiliki kelemahan dalam melindungi user dari spam.

2008: Presiden Barack Obama menjadi presiden pertama yang menggunakan BlackBerry yang dirancang khusus.

2011: Sebuah studi menyatakan bahwa password email terburuk adalah 123456, QWERTY, monkey dan letmein.

2012: Ada lebih dari 3 triliun akun email di seantero dunia. Setidaknya 294 triliun email terkirim setiap hari, dan 78% di antaranya adalah spam.

2 Komentar untuk "Sekilas 41 Tahun Sejarah Email"

  1. ternyata sejak 1971 email muncul.. terima kasih informasinya

    BalasHapus