Tips dan Trik PTIK UNM | Mempercepat Loading Blog - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Tips dan Trik PTIK UNM | Mempercepat Loading Blog

Banyak cara dilakukan untuk menjaga kestabilan loading blog atau menjaga supaya loading blog tidak semakin bertambah parah. Sangat jelas memang, hal yang sangat mustahil membuat blog tetap berkecepatan prima seperti di awal-awal posting. Kecepatan loading blog ekuivalen dengan bertambahnya jumlah posting. Jadi semakin posting bertambah banyak, maka loading blog perlahan-lahan akan semakin berkurang. melihat kondisi seperti ini selayaknya kita selalu berupaya menjaga supaya loading blog tetap mempunyai tingkat kestabilan prima. Apabila hal ini dapat tercipta, niscaya kinerja (blogging) akan tetap lancar dan tentu saja intensitas kunjungan para penikmat posting juga akan tetap terjaga atau bahkan semakin meningkat. Beberapa hal sudah aku sampaikan melalui posting di blog ini tentang berbagai cara menjaga kestabilan loading blog, diantaranya yang terposting.

Beberapa tips untuk mempercepat loading blog :
  1. Buat seringkas mungkin CSS template kamu.
  2. Lakukan Compress CSS di layanan compress CSS gratis bila nggak mampu melakukannya sendiri.
  3. Jangan jejali posting dan template dengan gambar/image yang berbeban terlalu besar.
  4. Gunakan setiap KODE dan script se-efektif mungkin.
  5. Kalau memungkinkan buang semua spasi pada code dan script yang digunakan di blog.
  6. Gunakan file dalam bentuk link untuk setiap contoh/demo tutorial yang menggunakan terlalu banyak kode.
  7. Jangan pernah memaksakan sesuatu yang baru harus menjadi tampilan blog supaya tampil lebih atraktif atau gaya karena telalu banyak gaya bisa berakibat loading megal-megol kaya' pantat sampeyan.
  8. Jangan pernah berpikir bahwa indah dalam penataan dan penggunaan code/script itu selalu indah indah untuk blog.
  9. Pilih file image/gambar sesuai dengan spesifikasi yang berkaitan dengan loading(gif, png, jpg atau yang lain).
  10. Selalu upload dan gunakan image di blogger, picasa atau semua yang masih anak cucunya google.
  11. Buat 1 hingga maksimal 5 posting yang ada di halaman utama (home page).
  12. Jangan pernah beranggapan bahwa di setiap tempat mempunyai kecepatan akses dan loading seperti di rumah sendiri(tentu saja klo di tempat kamu lebih cepat dari setan).
Bagaimana cara lain yang sangat efektif untuk mempercepat atau istilahnya menjaga kestabilan loading blog?

Mungkin tips dan trik di bawah bisa di coba :

Compress javascript untuk stabilkan loading blog. Penggunaan javascript memang tak dapat dihindarkan oleh pengguna blog karena hanya melalui javascript inilah berbagai variasi, gaya dan berbagai fasilitas blog yang atraktif, keren dan terlihat indah dapat diwujudkan. Begitu banyak desain dibuat melalui javascript dengan begitu banyak fungsi. Javascript yang selama ini beredar dan dikonsumsi, sebagian besar (hampir 100%) merupakan javascript dalam bentuk edukatif, dimana javascript tersebut di dalamnya masih berbentuk javascript yang diharapkan dapat dengan mudah dipelajari penggunaannya ataupun dengan mudah di pelajari untuk dimodifikasi dan dikembangkan sehingga diperoleh fungsi-fungsi baru dengan menambahkan beberapa script pengembangan. Javascripr dalam bentuk seperti ini tentunya menjadi berlipat beban-nya. Sebuah javascript yang seharusnya mempunyai beban 5kb, bisa terjadi membengkak bebannya menjadi 10kb s/d 20kb. Dus ... artinya dengan menggunakan javascript yang masih berbentuk normal, maka beban blog akan semakin bertambah-tambah. Bagaimana cara mensiasati kondisi seperti ini? Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk membuat javascript ini mempunyai beban normal (beban terkecil) :
  1. Desain Ulang : Cara pertama ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang benar-benar mampu dan mengusai javascript berikut membuat sebuah fungsi prgram menggunakan javascript.
  2. Kompres Javascript
#Compress Lewat layanan kompress gratis : Kompres Javascript dapat dilakukan dengan memanfaatkan jasa compress gratis Javascript yang tersedia cukup banyak. Sampeyan tinggal lakukan browsing dan temukan jasa kompres gratisnya. Cara kedua ini merupakan sebuah solusi yang paling mudah tetapi tidak secara otomatis selesai dengan mudah. Beberapa javascript tidak dapat berfungsi lagi akibat kompress yang dilakukan melalui cara seperti ini. Ya ..., maklum saja ... namanya juga mesin! Bukankah pikiran mesin dan manusia tidak sama? mesin tetaplah sebuah mesin yang tidak berakal dan tidak berbudi. Jadi intinya tidak semua yang dilakukan manusia dapat dengan mudah diselesaikan oleh sebuah mesin yang diciptakan oleh si manusia sendiri. Akan tetapi sampeyan tidak perlu berkecil hati, banyak javascript lainnya berhasil terkompres dengan baik dan fungsi tetap dapat bekerja secara sempurna. Cobalah dan semoga tips ini akan bermanfaat buat seluruh blogger tercinta! He ... emang kaya sama pacar saja! Pakai tercinta-tercinta segala ... Udah gila, kali, ya si gubhug reyot ?! he .... he ... Atau udah kebelet kawin?! He ....

#Kompress dilakukan secara manual : Kompress javascript secara manual (dilakukan sendiri) merupakan langkah yang paling baik dan sempurna. Dengan cara ini semua javascript (tanpa terkecuali) dapat dilakukan pemadatan sehingga bebanpun menjadi sangat ringan. Kompres manual harus dilakukan secara telaten dan pada beberapa tahap kompres perlu dilakukan pengecekan fungsi. Cara ini juga memberi keuntungan lebih karena kita secara tidak langsung sekaligus belajar tentang javascript tersebut. Untuk melakukannya, silahkan beli buku panduan tentang javascript atau silahkan kembali browsing tentang tutorial khusus javascript.

Melalui ini pula perlu saya sampaikan kepada seluruh sobat blogger: Di blog ini, pada tutorial yang menggunakan javascript, beberapa javascript yang terpostingkan dan bisa di copy-paste, sebagian sudah sedikit terkompres (hanya sedikit). Mengapa hanya sedikit? Ya ..., karena kalau betul-betul di kompres total maka penulisannya bisa-bisa hanya dalam bentuk satu baris memanjang. Tentunya sampeyan sendiri jadi pada bingung!

Untuk kompres silahkan coba link-link berikut ini :

2 Komentar untuk "Tips dan Trik PTIK UNM | Mempercepat Loading Blog"