Makan Cokelat Bisa Kurangi Risiko Stroke - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Makan Cokelat Bisa Kurangi Risiko Stroke

Kita sebelumnya mengetahui kalau memakan cokelat bisa baik untuk jantung dan otak. Namun penelitian baru menunjukkan kalau memakan cokelat juga bisa menurunkan resiko penyakit stroke, terutama pada pria.

Beberapa peneliti dari Swedia melakukan riset pada 37.103 orang pria, yang berumur di antara 49 sampai 75 tahun selama lebih dari satu decade. Dan dari situ didapat hasil kalau orang yang paling banyak memakan cokelat memiliki resiko terkena stroke 17% lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang sedikit memakan cokelat.


Susanna Larsson dari Institut Karolinska berkata, ”Temuan ini menunjukkan cokelat bisa menurunkan resiko penyakit stroke. Namun karena cokelat memiliki kandungan gula, lemak dan kalori yang tinggi, sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu banyak. Sedang-sedang saja.”

Penelitian lebih jauh juga menunjukkan kalau tidak hanya kaum pria saja yang mendapatkan keuntungan memakan cokelat ini. Untuk wanita yang memakan cokelat, mereka jusrtu bisa menurunkan resiko terkena stroke sebanyak 20%.

Cokelat yang dikatakan bisa menurunkan resiko stroke di sini mencakup cokelat murni dan cokelat yang dibuat dari susu. Karena di Swedia, 90% cokelat yang dijual merupakan cokelat yang dibuat dari susu.

Sedangkan Dr. Caron Rockman dari New York University Langone Medical Center berkata, ”Saya tidak berpikir pesan yang ingin disampaikan adalah kita langsung buru-buru makan cokelat untuk mengurangi resiko stroke. Anda sebaiknya mengenal faktor-faktor yang bisa menyebabkan stroke daripada hanya memakan cokelat dalam jumlah banyak. Yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko stroke adalah tidak merokok, menyeimbangkan berat badan, mengendalikan tekanan darah dan kolesterol tubuh, makan makanan yang sehat dan olahraga yang teratur.”

Tidak ada komentar untuk "Makan Cokelat Bisa Kurangi Risiko Stroke"