Arkeolog Temukan Tengkorak Lain Saat Gali Jasad Monalisa - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Arkeolog Temukan Tengkorak Lain Saat Gali Jasad Monalisa


FLORENCE - Para arkeolog yang menggali sisa-sisa jasad wanita model lukisan Monalisa telah menemukan tengkorak wanita. Namun kini diketahui, tengkorak tersebut bukan milik sang model misterius itu.

Dilansir dari Live Science, Minggu (16/9/2012), tim arkeolog tersebut menggali di sebuah tempat bekas biara di Florence, Italia. Mereka mencari tubuh Lisa Gherardini, wanita yang diyakini sebagai model lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci.


Tulang belulang yang berhasil dikeluarkan pekan ini merupakan yang keempat dari situs purbakala tersebut. Namun, pimpinan penelitian itu, Silvano Vinceti mengatakan telah yakin tulang belulang tersebut merupakan milik seorang wanita kaya yang meninggal beberapa dekade setelah masa Lisa Gherardini.



"Buku besar yang disimpan oleh para biarawati dari biara ini memberitahu kami bahwa sisa-sisa jasad tersebut merupakan milk Mario Del Riccio. Dia adalah seorang wanita kaya yang meninggal pada 1609," terang Vinceti.



Vinceti juga menambahkan bahwa kuburan tersebut letaknya bersusun, sehingga ini bisa diartikan masih ada kemungkinan bahwa Gherardini yang meninggal pada 1542 ada di sana. Jika berhasil  menemukan tengkorak ini, dia yakin para peneliti akan sanggup merekonstruksi wajahnya dan membandingkan dengan lukisan Leonardo da Vinci.



Di sisi lain, beberapa peneliti dari luar menyuarakan keraguan akan tujuan pencarian tersebut. Menurut peneliti yang ragu ini, rekonstruksi wajah seringkali tidak dapat diandalkan.


Tidak ada komentar untuk "Arkeolog Temukan Tengkorak Lain Saat Gali Jasad Monalisa"