Dikalahkan Apple, Samsung Diprediksi Cepat Bangkit - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Dikalahkan Apple, Samsung Diprediksi Cepat Bangkit

California, AS - Kekalahan dari Apple di pengadilan AS dalam beberapa sisi jelas merugikan Samsung. Namun di sisi lain, banyak pihak menilai Samsung akan cepat bangkit dari kekalahan tersebut.

Dengan uang tunai USD 21 miliar, pembayaran denda USD 1,05 miliar mungkin bukan masalah bagi Samsung. Samsung juga masih menjadi produsen smartphone terbesar di dunia, yang menghasilkan 70% dari seluruh profit konglomerasi asal Korea Selatan itu. 

Kekalahan dari Apple membuat beberapa ponsel Galaxy mungkin dilarang penjualannya di Amerika Serikat. Namun reputasi Samsung yang cepat memproduksi atau memodifikasi handset, membuat ponsel yang dilarang bisa segera diubah sehingga tak lagi melanggar paten dan bisa dijual kembali.

"Samsung telah membuat beberapa perubahan di produk barunya sejak gugatan pertama dilayangkan lebih dari setahun lalu. Dengan keputusan tersebut, mereka cenderung akan membuat perubahan lagi atau bisa saja memutuskan menaikkan harga produk untuk menutupi pembayaran paten," kata Seo Won seok, analis di Korea Investment & Securities.

Tak hanya Samsung, permintaan Apple untuk membayar royalti atas patennya juga bisa membuat vendor lain kena sasaran dan membuat harga produknya naik. Dan banyak pihak menilai, popularitas Samsung justru meningkat terkait perseteruannya dengan Apple. 

"Gugatan ini mungkin berakhir dengan kedua pihak melakukan lisensi silang, yang memungkinkan mereka membangun tembok paten di pasar smartphone. Hal ini bisa berimbas positif bagi harga saham Samsung dan Apple dan mengancam kompetitor lain," tukas CW Chung, analis pasar dari Nomura. Sebab, Apple dan Samsung adalah penguasa pasar smartphone saat ini.

Samsung diminta membayar Apple sekitar USD 10 per handset yang memakai paten Apple. Namun kebanyakan handset yang dipermasalahkan adalah model lama, Samsung dinilai tidak akan terlalu terpengaruh.

"Pengaruh pada Samsung akan cukup terbatas, karena model yang kena dampak kebanyakan sudah beredar lama dan produk barunya telah dibuat dengan beberapa perubahan desain untuk menghindari gugatan potensial," kata DJ. Jung dari SU Intellectual Property yang dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (26/8/2012). 

"Namun memang ini adalah kekalahan mereka di pasar paling penting. Tidak bisa dihindari merek Samsung akan terpengaruh secara negatif," imbuh dia.

sumber

Tidak ada komentar untuk "Dikalahkan Apple, Samsung Diprediksi Cepat Bangkit"