Proyek Open Spaces milik Google Dapat Respon Baik di Masyarakat - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Proyek Open Spaces milik Google Dapat Respon Baik di Masyarakat

Google melihat titik positif dari kampanye Chrome Open Spaces yang telah berhasil diikuti oleh 3.300 peserta dengan lebih dari 3.000 pemilih hanya dalam kurun waktu dua minggu semenjak situs openspaces.co.id dibuka untuk umum.

Dari 3.300 peserta, telah tercipta 2.835 kreasi dan lebih dari 1.000 karya telah berhasil ditampilkan dalam galeri “Pilih” openspaces.co.id, dimana ruang nomor 2 (Pondok Indah) dengan 887 kreasi dan nomor 10 (Jl. Fatmawati) dengan 223 kreasi menjadi ruang favorit para peserta Chrome Open Spaces.

"Antusiasme para pelaku seni dan masyarakat kreatif Indonesia memberikan masukan positif pada Chrome Open Spaces yang terus berusaha untuk meningkatkan gerakan seni jalanan dengan memberikan kesempatan untuk menumbuhkan kesadaran dan apresiasi terhadap bakat mereka," jelas Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia.

Openspaces.co.id telah menampilkan desain pertama dari seniman visual Indonesia Darbotz, sebagai desain dinding pertama yang dibuat melalui Chrome Open Spaces yang terletak di Jl.Panglima Polim sebagai ‘Ruang’ nomor 1. Untuk dinding yang tersisa, karya seni yang terkumpul akan diserahkan dan dinilai oleh para pengguna dan pengunjung situs, dan juga dinilai oleh Darbotz, kurator Farah Wardhani dan sosok kreatif David "Naif" Bayu untuk menemukan seniman-seniman visual terbaik Indonesia.

"Saya sangat senang melihat karya-karya dan kreasi masyarakat yang telah terkumpul sampai saat ini. Hanya dalam dua minggu saja telah terkumpul lebih dari 1,000 karya yang sekarang sudah bisa dilihat di openspaces.co.id dan saya yakin masih banyak masyarakat yang akan terinspirasi dan mengikuti kontes ini,” jelas Darbotz.

"Karya-karya dan kreasi yang terkumpul sampai saat ini sangat menarik perhatian saya. Banyak sekali kreasi yang sangat bagus dan berpotensi untuk menjadi kreasi terbaik untuk direalisasikan di dinding – dinding gedung yang telah disediakan" tambah Farah Wardhani, Executive Director of Indonesian Visual Art Archive, yang juga berprofesi sebagai kurator.

"Hanya dalam waktu dua minggu saja, sudah ada 3,300 pengguna yang terdaftar di openspaces.co.id. Dengan kata lain, Chrome Open Spaces merupakan salah satu ajang yang cukup diminati dan menginspirasi masyarakat untuk menciptakan dan menunjukkan apresiasi mereka terhadap ‘street art’. Saya yakin dengan Chrome Open Spaces, perkembangan ‘street art’ di Indonesia akan semakin maju," ujar David Bayu, vokalis Group Band Naif, yang juga menjadi salah satu juri dalam kontes Chome Open Spaces tersebut.

Chrome Open Spaces adalah sebuah kontes khusus untuk mencari sembilan karya seni terbaik melalui prosedur penilaian juri dan voting, dimana hasil karya yang berhasil menang akan dilukis secara real di dinding-dinding bangunan yang tersebar di Jakarta dan Bandung sebagai karya seni jalanan. Satu pemenang akan diumumkan setiap minggunya, dimana pemenang berikutnya akan diumumkan pada akhir pekan ini.

Gerakan Chrome Open Spaces mengundang komunitas street art di sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan kelompok kepentingan khusus di seluruh Indonesia untuk mengklaim dinding mereka. Aplikasi web ini diakses melalui semua browser yang didukung oleh HTML5 teknologi yang tersedia di semua browser modern, seperti Google Chrome.

Situs Open Spaces telah dibuka untuk proses pengumpulan dan penilaian karya seni sampai Januari 2013. Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku, silahkan kunjungi www.openspaces.co.id.

2 Komentar untuk "Proyek Open Spaces milik Google Dapat Respon Baik di Masyarakat"

  1. Kira-kira hasil karyaku ikut juga gak yah? ^._.^

    BalasHapus
  2. @d72b47af49c78eb4ff85de94924ed22d:disqus insyaAllah bisa kanda tetap berkarya :)

    BalasHapus