Komputer dengan Windows 8 akan Sulit Dual-Boot Bersama Linux - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Komputer dengan Windows 8 akan Sulit Dual-Boot Bersama Linux


Pengguna komputer yang biasa menjalankan sistem operasi Windows dan Linux dalam satu sistem sepertinya harus berpikir banyak sebelum membeli sebuah komputer berbasis Windows 8. Ini karena sistem komputer yang memakai logo 'Designed for Windows 8' akan dibuat dengan menjalankan fitur secure booting UEFI (Unified Extensible Firmware Interface), yang akan mencegah komputer menjalankan sistem operasi yang tidak diberi sertifikat otoritas terpercaya.

UEFI membutuhkan sebuah kunci tercata pada firmware yang berasal dari pembuat software atau OEM sebelum melakuakan booting ke sistem operasi. Hal ini akan menyulitkan malware untuk menjalankan aksinya ketika sistem sedang melakukan booting. Sayangnya fitur keamanan ini juga membuat Linux yang tidak teridentifikasi tak akan bisa berjalan di komputer tersebut karena dianggap tidak aman.

Untuk mengatasi hal ini maka pemilik komputer harus mematikan opsi secure boot dari dalam firmware. Namun demikian langkah ini belum tentu disetujui Microsoft maupun vendor hardware. Bahkan jikapun disetujui Microsoft, vendor hardware bisa saja sudah membuat opsi ini permanen dengan alasan keamanan.

Alternatif lain yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan salinan Linux yang sudah teridentifikasi. Hal demikian juga bisa dilakukan pada OS lain, termasuk sistem operasi Windows versi lama. Namun demikian langkah ini juga berpotensi menimbulkan masalah lain.

Jadi, apakah Windows 8 akan menjadikan sebuah komputer menjadi eksklusif untuk menjalankan sistem operasi Microsoft terbaru itu saja? Ataukah akan ada cara lain?

Tidak ada komentar untuk "Komputer dengan Windows 8 akan Sulit Dual-Boot Bersama Linux"