[Tips] Bagaimana Meningkatkan Daya Ingat? - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

[Tips] Bagaimana Meningkatkan Daya Ingat?

Cemas karena belakangan ini Anda menjadi lebih sering lupa daripada sebelumnya?
Sesekali mengalami lupa sebenarnya adalah hal yang normal. Penyebabnya bisa karena stres, darah tinggi, atau Anda memang sedang sulit berkonsentrasi.
(Baca juga : 4 Cara Membuat Perencaan Kerja)
Berikut ini beberapa saran dari sejumlah para ahli untuk menyegarkan kembali ingatan Anda.

1. Konsumsi vitamin B, C, D, dan E
Penelitian terbaru menunjukkan, orang usia lanjut yang memiliki level vitamin B,C, D dan E tinggi dalam darahnya memiliki daya ingat dan kemampuan berpikir yang kuat. Cukupi kebutuhan vitamin B12 yang biasanya terdapat pada ikan, daging, telur, susu, dan daging unggas. Sebaiknya konsumsi vitamin ini dari sumbernya langsung ketimbang suplemen.

2. Main games
Isi waktu luang Anda dengan permainan yang mengasah otak, seperti puzzle, catur, atau Sudoku. Untuk meningkatkan fokus, kecepatan, dan fleksibilitas, buatlah batasan waktu untuk menyelesaikan permainan. Beberapa jenis hobi juga bisa berdampak positif bagi otak, misalnya melukis, menulis, atau membaca yang dilakukan secara teratur.

3. Aktivitas jalan cepat
Olahraga akan memicu perubahan positif di otak, termasuk membuat sambungan baru di antara sel saraf, meningkatkan aliran darah, dan menciptakan sel-sel otak baru, yang semuanya dapat meningkatkan ketajaman memori. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jalan cepat. Bila dilakukan setiap hari, kegiatan ini bukan hanya menjaga tekanan darah dan kolesterol, tapi juga mencegah penyakit demensia.

sumber : infopenting.com

Tidak ada komentar untuk "[Tips] Bagaimana Meningkatkan Daya Ingat?"