Dugaan Fitur Baru yang Bakal Dimiliki Android 4.2 - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Dugaan Fitur Baru yang Bakal Dimiliki Android 4.2

Makassar- Seiring makin gencarnya isu kemunculan Google Nexus terbaru, beredar juga sejumlah spekulasi yang membicarakan tentang fitur terbaru di Android 4.2.

Google Nexus yang kabarnya meluncur Oktober ini memang tak hanya diperkuat oleh spesikasi tinggi, tapi juga memiliki sistem operasi Android yang paling baru, 4.2.

Tak banyak memang yang bisa dikulik dari kecanggihan sistem operasi ini, sebab Google pun belum secara resmi menegaskan keberadaannya. Pun begitu tetap saja banyak pecinta Android yang penasaran, seperti apa sih'robot hijau' tersebut?

Penyempurnaan Google Now
Android 4.2 yang banyak digunjingkan tampaknya tidak akan banyak berubah dari Jelly Bean, sebagian besar fitur di sini justru hanya optimalisasi dari generasi sebelumnya.

Untuk Google Now misalnya, di versi yang belum ada nama sandinya itu kabarnya semakin asyik dipakai. Saat ini asisten digital penantang Siri itu memang hanya sebatas terintegrasi dengan mesin pencari Google dan sejumlah aplikasi bawaan sistem.

Di Android 4.2 Google Now akan mencakup wilayah yang makin luas, lebih bagaimana pengguna mengendalikan sistem melalui perintah suara. Misalnya, Anda bisa mengucapkan "How do I turn down the brightness," atau bisa juga perintah sederhana lain yang terkait dengan sistem.

Selain perubahan itu Google Now bisa dioperasikan seperti versi saat ini, bisa diperintah membuat alarm, meramal cuaca, mencari tempat asyik dan sebagainya.

Interfaces yang semakin beragam
Perubahan yang cukup signifkan justru dari cara mengubah tampilan. Ya, saat ini mungkin pengguna banyak dimanjakan oleh interface dari berbagai vendor, HTC Sense UI, Samsung TouchWiz UX, Moto Blur dan beberapa vendor besar lainnya. Tapi bagaimana jika itu semua disediakan dalam satu wadah?

Di update terbaru Android nanti gosipnya semua vendor tersebut akan diberi tempat untuk memasukkan interface andalan mereka, jadi pengguna Android tak hanya terbatas oleh satu tampilan saja.

Baterai Lebih Awet
Perubahan lain adalah kehadiran fitur baru bernama Project Road Runner, yang dikembangkan berdasarkan Project Butter di Jelly Bean.

Tak banyak yang bisa dibeberkan pada fitur ini, tapi yang jelas kehadirannya dirancang untuk membuat konsumsi daya lebih rendah. Alhasil, baterai pasti akan lebih irit.



Google Play lebih Personal
Google Play tampaknya juga ikutan dipermak, nantinya di Play Store pengguna bisa melakukan pencarian aplikasi yang lebih personal sesuai dengan hobinya masing-masing.

Hingga saat ini seluruh fitur tersebut masih sebatas rumor karena belum dapat konfirmasi dari Google. Sedangkan situs androidandme yang membeberkan semua fitur baru tersebut mengaku mendapat bocoran dari sumber yang bisa dipercaya, demikian yang PTIK UNM kutip dari detikINET, Senin (8/10/2012).

sumber : detik.com

Tidak ada komentar untuk "Dugaan Fitur Baru yang Bakal Dimiliki Android 4.2"