Sekilas Tentang PHP (PHP Hypertext Preprocessor) - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Sekilas Tentang PHP (PHP Hypertext Preprocessor)

Menurut dokumentasi resmi PHP, PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor. Ia merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses oleh server. Hasilnyalah yang dikirim ke klien tempat pemakai menggunakan browser.

Secara khusus, PHP dirancang untuk memberntuk aplikasi web dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya, Anda dapat menampilkan isi database kedalam web. Pada prinsipnya PHP mempunyai fungsi yang sama dengan skrip-skrip seperti ASP (Active Service Page), Cold Fusion ataupun Perl. Namun perlu diketahui PHP sebenarnya bisa dipakai secara command line. Artinya, skrip PHP dapat dijalankan tanpa melibatkan web server maupun browser.

Kelahiran PHP bermula pada saat Rasmus Lerdorf membuat sejumlah skrip Perl yang dapat mengamati siapa saja yang melihat-lihat daftar riwayat hidupnya, yakni pada tahun 1994. Skrip-skrip ini selanjutnya dikemas menjadi tool yang disebut "Personal Home Page". Paket inilah yang menjadi cikal bakal PHP. Pada tahun 1995 Rasmus menciptakan PHP/FI Versi 2, pada versi inilah permograman dapat menempelkan kode terstruktur di dalam tag HTML. Yang menarik, kode PHP juga bisa berkomunikasi dengan database dan melakukan perhitungan yang kompleks sambil jalan.

Pada saat ini PHP cukup populer sebagai piranti pemograman web, terutama dilingkungan Linux. Walaupun demikian, PHP sebenarnya juga dapat berfungsi pada server-server yang berbasis unix, Windows dan Macintosh.

Pada awalnya, PHP dirancang untuk diintergrasikan dengan web server Apache, namun belakangan PHP juga dapat bekerja dengan web server seperti PWS (Personal Web Server), IIS (Internet Information Server) dan Xitami.

Untuk mencoba PHP, Anda tidak perlu menggunakan komputer berkelas server. Hanya dengan sebuah komputer biasa, Anda sudah bisa mempelajari dan mempraktikkan PHP.

PHP bersifat bebas pakai, Anda tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan perangkat lunak ini alias free. Anda dapat mendownloadnya melalui situs http://www.php.net. PHP tersedia adlam bentuk kode biner maupun sumber yang lengkap.

Tidak ada komentar untuk "Sekilas Tentang PHP (PHP Hypertext Preprocessor)"