Samsung "Jella" Laptop Berlayar Seperti Retina Display - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Samsung "Jella" Laptop Berlayar Seperti Retina Display




















Samsung "Jella" Laptop Berlayar Seperti Retina Display - Apple kini bukan satu-satunya pembuat perangkat yang mengoptimalkan kerapatan piksel ke dalam laptop high-end. Di ajang IFA 2012 di Berlin, Samsung memamerkan laptop seri 9 berukuran 13 inci dengan kerapatan piksel sama dengan Apple MacBook Pro 15 inci. 

Seri 9 ini merupakan laptop Wide Quad HD (WQHD) dan memiliki resolusi 2560x1440 piksel. Varian akhir ini diklaim tetap mudah untuk dilihat saat dalam kondisi cahaya terang.

Seperti dilansir dari laman PC World, dengan asumsi layar Seri 9 berukuran 13,3 inci, kepadatan akan mencapai kira-kira 220 piksel per inci. Sementara itu, kepadatan piksel pada Apple MacBook Pro generasi ketiga berlayar 15,4 inci dengan Retina Display, hampir memiliki kerapatan piksel yang sama, dengan resolusi sekitar 2880x1800 piksel. 

Dengan resolusi 2560x1440 piksel, seri ini membuat lompatan melebihi Seri 9 berlayar 13 inci sebelumnya, yang hanya memiliki resolusi 1600x900. Permukaan Seri 9 terbaru itu memiliki sebuah campuran bahan logam dengan peleburan biji tembaga yang lembut (matte gentle).

Tentu saja, laptop Apple memiliki keunggulan besar, karena saat ini telah berada di pasar. Sementara itu, Seri 9 yang dipamerkan di IFA rupanya hanya sebuah sampel rekayasa, dan Samsung tidak mengatakan apa-apa tentang spesifikasi, harga atau tanggal rilisnya.

Tanpa informasi resmi spesifikasi, yang menjadi perhatian lain adalah ketahanan baterai. Secara umum, perangkat dengan semakin tinggi resolusi layar, semakin besar kekuatan yang dibutuhkan. Jika Samsung ingin menjaga laptop tampak langsing, hal ini dipandang sebagai sebuah problem, mengingat seri 13 inci ini hanya lebih tipis 0,2 inci dari MacBook Pro dengan Retina Display.

Bagaimana dengan harga? Jangan berharap laptop ini akan murah. Seri 9 Samsung termasuk lini yang sangat mahal, yang dimulai dengan kisaran harga US$1.300 untuk model 13 inci. Dengan kerapatan tampilan 220 piksel per inci, kemungkinan membuat harga semakin mahal.

Meski demikian, munculnya perangkat premium Samsung ini akan semakin
membuat menarik persaingan Samsung dengan Apple.

Tidak ada komentar untuk "Samsung "Jella" Laptop Berlayar Seperti Retina Display"