Mengenal Gambas (Visual Basicnya Linux) - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Mengenal Gambas (Visual Basicnya Linux)


BASIC, singkatan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi. yang Secara harfiah, BASIC memiliki arti "kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula". Memang, istilah "Bahasa BASIC" di sini juga bisa diartikan menjadi bahasa untuk pemula, atau dengan kata lain, disebut sebagai bahasa dasar, tapi hal tersebut dirasa kurang tepat, mengingat BASIC dapat juga digunakan oleh para pemrogram ahli.

Bahasa BASIC mulai menjadi terkenal dan merakyat sejak diperkenalkannya sebuah IDE (Integrates Development Editor) bernama Microsoft Visual Basic yang dirilis oleh microsoft untuk sistem operasinya, dengan Microsoft visual basic kita dapat dengan mudah membuat sebuah program yang berkonsep WIMP (Windows, Icon, Menu dan Pointer) pada sistem operasi microsoft windows, dimana untuk membuat sebuah jendela atau button kita tinggal memanfaatkan objek yang sudah tersedia dan memberikan action . Microsoft Visual Basic juga menjadi sangat populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain seperti koneksi kebasis data, membuat report dan lain-lain.

Dengan kegunaan yang hampir sama GAMBAS diciptakan oleh seorang pria berkewarganegaraan Perancis bernama Benoît Minisini dengan dialek bahasa BASIC, mirip dengan konsep pemprograman yang ada pada microsoft visual basic, GAMBAS juga dapat digunakan untuk membuat program berbasis grafis/visual berkonsep WIMP,walaupun begitu GAMBAS juga dapat digunakan untuk membuat program berbasis console (text), walaupun memiliki banyak kesamaan secara prinsip GAMBAS berbeda dengan visual basic oleh karena itu program yang dibuat oleh visual basic tidak memiliki kecocokan dengan GAMBAS begitupun sebaliknya. Antar muka program pada GAMBAS dapat dibuat memanfaatkan QT4toolkit dan GTK+Toolkit,walaupun GAMBAS dapat digunakan untuk mengakses basis data seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, dan ODBC, sampai saat ini GAMBAS belum memiliki fasilitas report siap pakai yang dapat digunakan untuk mencetak hasil pemprosesan data. seperti Crystal report yang dapat digunakan pada microsoft visual basic.

Namun bagaimanapun juga melihat dari usia GAMBAS itu sendiri yang masih muda, dibandingkan dengan Microsoft visual basic hal ini dapat dimaklumi, :D dan sekaligus mungkin bagi anda yang telah malang-melintang didunia Bahasa Basic hal ini merupakan sebuah kesempatan besar dimana anda dapat ikut menambahkan fitur baru yang belum ada dan mengembangkan GAMBAS menjadi lebih menarik dan mudah digunakan, kesempatan dan peluang itu memungkinkan karena GAMBAS merupakan salah satu projek Open Source, jadi tunggu apa lagi ;;)

Daftar pustaka :
http://gambasdoc.org/help/doc/whatisgambas?en&view
http://id.wikipedia.org/wiki/Basic 

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Gambas (Visual Basicnya Linux)"