Alat Pengukur Efektifitas Twit Anda - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Alat Pengukur Efektifitas Twit Anda


Alat Pengukur Efektifitas Twit Anda - Seberapa efektif twit Anda? Jika Anda seorang konsultan social media yang memanfaatkan Twitter untuk kepentingan bisnis, tentu pertanyaan itu sangat penting dijawab. Pada taraf ini, Anda ngetwit tidak sekadar untuk bergaul saja, melainkan juga memahami dayang jangkau dan pengaruh dari twit-twit Anda. Ada beberapa tool yang bisa dipakai untuk mengukur efektifitas twit Anda. Dengan memonitor daya jangkau serta efektifitas twit, Anda bisa paham sejauh mana twit Anda berpengaruh pada branding, pemasaran, atau kualitas dari konten twit Anda. 

Berikut ada 7 tool yang dapat digunakan: 

1. Tweetreach 

Tool ini membantu Anda mengetahui sejauh mana twit Anda melanglangbuana di dunia maya. Tweetreach memberi laporan berisi seluk beluk jangkauan twit Anda, mulai dari berapa banyak orang me-retweet twit Anda, siapa user paling berpengaruh yang sudah membagi twit Anda ke followernya, dan seterusnya. Dengan begitu Anda bisa tahu siapa saja orang yang layak difollow dan diajak bekerjasama untuk saling berbagi konten. 

2. Twittermap 

Ini adalah tool yang bisa memeriksa di bagian dunia mana saja twit kita di-retweet atau di-mention user. Dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan twit macam apa yang harus dibuat jika memang ingin menyasar negara atau benua tertentu. Anda juga dapat mencari follower dari area tertentu yang sesuai dengan segmen bisnis Anda. 


Kadang Anda perlu memosting link dari web atau blog berkaitan dengan bisnis Anda ke Twitter. Seberapa banyak orang yang mengklik link itu? Selain berguna sebagai peringkas link, Bit.ly juga dilengkapi dengan layanan menganalisa jumlah klik link tersebut. Layanan serupa juga disediakan oleh Awe.sm yang terintegrasi dengan Google Analytics. 

4. Google Analytics 

Dari Google Analytics ada salah satu seksi di mana Anda bisa melacak trafik dari mana saja pengunjung situs Anda. Salah satunya adalah dari Twitter. Dengan begitu Anda dapat melihat seberapa banyak user Twitter yang mengunjungi situs Anda, dan berapa lama mereka menghabiskan waktu di sana. 

5. Monitter 

Ini adalah alat pelacak realtime yang mendisplai sejumlah twit yang mengandung kata-kata yang Anda tentukans ecara spesifik. Begitu Anda mengetwit sesuatu, Anda bisa memonitornya secara realtime untuk melihat bagaimana twit Anda menyebar. 

6. Tweeteffect 

Kadang Anda kehilangan sejumlah follower, namun tidak tahu siapa saja yang meng-unfollow Anda. Tweeteffect dapat memperlihatkan twit terkini Anda dan siapa saja follower baru Anda, termasuk juga siapa yang meng-unfollow Anda. 

7. Hootsuite, Argyle Social, SproutSocial or BufferApp, dan lain-lain 

Serangkaian nama di atas adalah nama alat manajemen social media yang sangat membantu dalam meemantau twit Anda. Masing-masing memiliki fitur khasnya yang memudahkan Anda memonitor postingan Anda baik di Twitter maupun Facebook sekaligus.

ictwatch.com

Tidak ada komentar untuk "Alat Pengukur Efektifitas Twit Anda"