Pengenalan Bahasa Pemograman Perl - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Pengenalan Bahasa Pemograman Perl

Perl merupakan singkatan dari Practical Extraction and Report Language. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Larry Wall pada tahun 1986, yang pada awalnya digunakan sebagai perangkat untuk menulis program di dalam lingkungan UNIX.

Perl adalah sebuah bahasa pemrograman yang menggabungkan kemampuan bahasa C, utilitas sed dan awk/grep, dan bahkan fitur shell. Oleh karena itu, Perl memiliki sifat-sifat seperti berikut:

Perl memiliki kekuatan dan keluwesan sebagai bahasa pemrograman beraras tinggi seperti halnya C, tetapi tidak serumit C. Berbagai fitur pada bahasa C diadaptasikan ke Perl. Tak mengherankan jika sintaks Perl menyerupai C.

Perl memberikan kemudahan dalam melakukan pencocokan pola seperti halnya pada grep dan awk. Selain itu, serupa dengan awk, Perl memberikan kemudahan dalam menghasilkan laporan.

Perl memungkinkan pemrosesan teks sebagaimana keluwesan pemrosesan teks pada utilitas sed.
Perl tidak memerlukan kompiler dan linker. Dengan demikian, Perl mempunyai sifat seperti skrip shell.
Salah satu hal yang membuat Perl sangat populer adalah karena Perl gratis dan jugaOpens ource. Tidak hanya pada level biner (kode mesin), kode sumber Perl juga dapat diperoleh tanpa membayar apapun (kecuali tentu saja biaya untuk men-download atau pengganti CD yang harus Anda tanggung). Selain itu, Perl juga dapat diterapkan tidak hanya pada sistem operasi UNIX atau yang semacam UNIX, tetapi juga dapat digunakan di lingkungan lain seperti:


  • LINUX
  • Windows
  • Macintosh
  • MS DOS

Perl tergolong sebagai interpreter, walau bukan interpreter murni. Sebagi interpreter, Perl membaca kode sumber (kode asli yang ditulis pemrograman). Jika pemakai menjalankan program Perl, interpreter Perl akan melakukan kompilasi terhadap semua kode kedalam memori terlebih dahulu dan baru kemudian mengeksekusinya.


Perl banyak dipakai oleh para programer, terutama di lingkungan UNIX. Beberapa hal yang bisa ditangani dengan menggunakan Perl adalah:

  • Pembuatan skrip untuk melakukan tugas tertentu yang biasanya ditangani dengan menggunakan skrip shell.
  • Pemrosesan surat elektronis.
  • Pengotomasian pengambilan berkas pada klien FTP.
  • Pembuatan web dinamis pada aplikasi berbasis Internet.

Tidak ada komentar untuk "Pengenalan Bahasa Pemograman Perl"