Desire V, Dual-SIM GSM dari HTC - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Desire V, Dual-SIM GSM dari HTC



HTC menjadikan Desire V sebagai smartphone tercanggih - HTC sepertinya tidak merasa cukup dengan hanya meluncurkan One Series, meski itu merupakan salah satu smartphone Android terbaik yang ada sekarang. Untuk mengincar segmen menengah, HTC pun mempromosikan seri Desire terbaru mereka. Salah satunya adalah Desire V. 

Desire V merupakan ponsel dual SIM berbasis GSM. Ini juga merupakan smartphone berbasis Android pertama HTC yang menggunakan dua kartu SIM, yang aktif (stand by) secara bersamaan. 

Selama ini di Indonesia, ponsel dual-SIM identik dengan ponsel Cina (daratan) yang harganya murah. Untuk menghilangkan kesan murah itu, HTC pun menghadirkan Desire V dengan desain premium yang elegan, juga dengan teknologi terkini.

Smartphone dual-SIM ini menggunakan Android Ice Cream Sandwich yang berpadu dengan HTC Sense 4.0 

Seperti apa performa dan kinerja HTC Desire V? Berikut paparannya.

Desain dan User Interface:

Seperti ditulis sebelumnya, HTC sengaja menghadirkan desain premium untuk menjauhi citra ponsel dual-SIM yang dianggap murah. Karena itu Desire V hadir dengan desain menarik yang bahkan tak kalah dengan One X. 

Dengan layar 4.0 inci, Desire V memiliki bentuk curve yang cantik. Ponsel ini memiliki dimensi 118.5 x 62,3 x 9,32 mm, yang menjadikan Desire V nyaman saat berada di genggaman, begitu pula saat berada di saku celana. 

Slot kartu SIM diletakkan di bagian dalam. Memang dari luar tidak terlihat tempat untuk membuka casing. Meski begitu, casing mudah dibuka dari bagian bawah. 

Di bagian dalam, terdapat baterai yang bisa dicopot, juga dua slot untuk menempatkan kartu SIM, serta satu slot untuk microSD. Meski begitu, pengguna mesti memperhatikan dengan teliti posisi saat memasukkan kartu SIM ke slot, karena slot tidak ditempatkan dengan posisi yang mudah.

Bagian muka juga tidak terlihat satu tombol pun. Hanya terlihat tiga tombol sentuh, yaituback, home, dan multi-tasking. Di bagian atas, hanya terlihat lubang untuk headphone dan tombol power. Sedangkan di sisi kiri ditempatkan tombol pengatur volume, dan lubang micro-USB berada di sisi kanan. Bagian belakang pun terlihat menarik, terutama di bagian sekitar kamera. Speaker diletakkan di bagian belakang bagian bawah.

Desire V hadir dengan layar WVGA dengan resolusi 480 x 800p, dan kerapatan pixel 233 ppi. 

Untuk User Interface, sistem operasi Ice Cream Sandwich yang digunakan berpadu dengan teknologi Sense 4.0. Dengan demikian, banyak variasi widget yang bisa digunakan di Desire V, serupa dengan yang ada di One Series. 

Adapun aturan default di Desire V menampilkan lima ikon di bagian bawah, yaitu call, email, menu, message, dan camera.

Dan seperti perangkat ICS lain, pengguna bisa dengan mudah melakukan multi-tasking. Sehingga bisa membuka banyak app, tanpa harus menutup. Untuk menutup app, Anda pun tinggal menggeser dengan menggunakan jari, di menu multi-tasking.

Performa dan Kinerja

Desire V ditanam prosesor 1 GHZ Cortex-A5 dengan chipset Qualcomm MSM7227A Snapdragon dab GPU Adreno 200. Spesifikasi ini terbilang lumayan. Tentu selama tidak menjalankan aplikasi yang berat atau melakukan pemrosesan di banyak aplikasi secara bersamaan.

Perangkat grafis pun lumayan, meski tidak bisa digunakan untuk bermain game kelas berat yang memang membutuhkan spesifikasi kelas wahid. Pengguna bisa melakukan streaming video dengan lancar, yang tentu saja juga tergantung kecepatan internet dari jaringan operator atau Wi-Fi yang digunakan. 

Dalam uji benchmark yang dilakukan dengan aplikasi Quadrant Standard, Desire V tercatat memiliki angka 1975. Adapun penjabaran benchmark itu CPU 1845, memori 1579, I/O 4624, 2D 312 dan 3D 1515. Angka ini di atas HTC Desire HD, dan masuk kategori menengah.

viva.co.id

Tidak ada komentar untuk "Desire V, Dual-SIM GSM dari HTC"