Apple-Google Intensif Bicarakan Sengketa Paten - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Apple-Google Intensif Bicarakan Sengketa Paten



Pembicaraan intensif dilakukan setelah Apple menang atas Samsung. - Perusahaan internet raksasa Google dikabarkan terus berdiskusi dengan Apple Inc untuk membicarakan sengketa paten ponsel antar-perusahaan teknologi.

Eksekutif dari masing-masing perusahaan yaitu Chief Executive Google Inc Larry Page dan CEO Apple Tim Cook dilaporkan membicarakan hal tersebut melalui telepon. Diskusi tentang paten ini juga melibatkan pejabat tingkat rendah dari kedua perusahaan dan kini masih tengah berlangsung.

Salah satu sumber mengatakan kepada Reuters bahwa pertemuan kedua eksekutif tersebut telah dijadwalkan untuk hari Jumat ini. Tapi kemudian ini tertunda karena alasan yang tidak jelas.

Kedua perusahaan terus menjaga jalur komunikasi pasca kemenangan hukum Apple dalam kasus pelanggaran paten terhadap Samsung, yang menggunakan software Google Android.

Seperti diberitakan sebelumnya, tepat satu pekan lalu, Jumat lalu, juri pengadilan Amerika Serikat memberikan hukuman kepada Samsung untuk membayar US$ 1,05 miliar atas pelanggaran paten. Samsung juga terancam, sekitar delapan produknya kemungkinan dilarang di Amerika Serikat.

Menurut keterangan sumber, salah satu materi diskusi Google dengan Apple adalah mempertimbangkan skenario yang dapat berujung gencatan senjata yang melibatkan sengketa atas fungsi dan fitur dasar dalam perangkat lunak Google, Android.

Namun demikian, tidak jelas apakah Page dan Cook mendiskusikan penyelesaian yang luas dari berbagai sengketa antara dua perusahaan. Sebagian besar sengketa yang dibicarakan yaitu terkait dengan area komputasi mobile yang berkembang atau berfokus pada pengaturan yang lebih terbatas dari bebagai masalah.

Persaingan antara Google dan Apple telah memanas dalam beberapa tahun terakhir dengan pergeseran dari PC ke perangkat mobile. Perangkat lunak besutan Google, Android, sempat disebut oleh pendiri Apple Steve Jobs sebagai "produk curian". 

Meski demikian, Android kini melaju sebagai OS ponsel pintar pertama di dunia. Popularitas perangkat lunak ini juga semakin menjadi pembicaraan seiring dengan gugatan pelanggaran paten yang melibatkan berbagai vendor perangkat keras yang menggunakan Android, termasuk Samsung dan HTC.

Persaingan kedua perusahaan teknologi tersebut juga semakin mengemuka
saat Motorola Mobility, yang saat ini merupakan bagian dari Google, mempermasalahkan Apple di Komisi Perdagangan Internasional AS. Motorola mengklaim beberapa fitur dari perangkat Apple melanggar paten.

Sebelumnya keduanya juga pernah terlibat gugatan sengketa di Pengadilan Chicago. Namun saat itu hakim federal menyatakan tidak ada kerugian yang dapat dibuktikan.

Apple dalam beberapa bulan terakhir telah berupaya untuk mengurangi ketergantungan pada produk-produk Google. Baru-baru ini, podusen iPhone tersebut meluncurkan perangkat lunak untuk pemetaan mobile untuk mengganti produk pemetaan Google yang digunakan di iPhone. Bahkan Apple mengatakan akan tidak lagi menawarkan YouTube sebagai aplikasi pre-loadeddalam versi iPhone berikutnya.

Percakapan antara Page dan Cook pekan lalu tidak menghasilkan perjanjian formal. Tetapi dua eksekutif itu sepakat untuk terus berbicara.

viva.co.id

Tidak ada komentar untuk "Apple-Google Intensif Bicarakan Sengketa Paten"