Kemkominfo Bersama Kibar Inisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Kemkominfo Bersama Kibar Inisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital




Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Kibar (PT Kibar Kreasi Indonesia) meresmikan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, pada hari Jumat (17/6/16) kemarin, di Kantor Kemenkominfo.

Gerakan ini bertujuan untuk melahirkan perusahaan rintisan (startup) digital yang berkualitas dan memberikan dampak positif dengan menyelesaikan permasalahan besar di Indonesia. Gerakan ini ditargetkan dapat menciptakan 1.000 perusahaan baru dengan total valuasi bisnis senilai USD 10 miliar pada tahun 2020.

Dalam melahirkan 1000 startup digital, tahapan pertama yang akan dilakukan oleh Kemenkominfo bersama Kibar adalah ignition, seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship dengan target 4.000 perserta setiap tahunnya. 2.000 peserta yang layak akan menuju ke tahap workshop di mana akan diberikan pembekalan keahlian yang mereka butuhkan dalam membangun sebuah startup digital.

Kemudian, 500 peserta akan memasuki tahap bootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Dan tahapan terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih 3 bulan, per tahun, sehingga dalam 5 tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

“Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat kaya. Jika dipadukan dengan kekuatan teknologi digital, ini adalah modal besar untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas yang begitu unik. Mari kita berhenti bermimpi dan menolak terbuai dengan potensi. Mari kita bergerak bersama dan berkarya menciptakan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia,” jelas Chief Executive KIBAR Yansen Kamto.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ini akan dilaksanakan di 10 kota: Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Dimasing-masing kota ini akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif dan budaya. Pusat inovasi ini juga menyediakan co-working space di mana semua pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat setempat hingga berkembang menjadi solusi nasional.

“Semua ini adalah manifestasi semangat gotong royong di era digital, di mana seluruh unsur masyarakat mulai dari pelaku startup, kreator, komunitas, akademisi, media, dan pemerintah, bergerak bersama mengembangkan ekosistem dan mendorong terciptanya generasi baru yang mumpuni di bidang teknologi digital. Mari dukung gerakan ini dengan menyebarkan semangat, informasi, sekaligus terus ikut mendorong perubahan hingga menjadikan Indonesia sebagai ‘The Digital Energy of Asia’,” tutur Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, menyimpulkan peluncuran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.
 

Tidak ada komentar untuk "Kemkominfo Bersama Kibar Inisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital"