Program untuk Guru & Pembimbing dari Facebook - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

Program untuk Guru & Pembimbing dari Facebook

Makin maraknya kejahatan melalui social media, membuat Facebook meluncurkan program edukasi bagi siswa sekolah Amerika. Bermitra dengan iKeepSafe dan American School Counselor Association (ASCA). Program yang bertajuk Facebook for School Counselors itu memberi panduan pada pihak pembimbing di sekolah mengenai bagaimana memahami lebih baik dan berinteraksi dengan siswa mereka dengan memanfaatkan Facebook.

Facebook meyakini bahwa pembimbing di sekolah punya peran penting dalam mengajari siswa bagaimana berinteraksi online secara aman. Program yang dapat diunduh dalam format PDF itu mencakup empat topik utama:
  • Membangun kebijakan berinternet di sekolah
  • Merespon kejadian buruk yang terjadi secara online sebagai bahan pembelajaran
  • Mendeteksi perilaku yang berisiko buruk di dunia maya
  • Pengajaran tentang digital citizenship

Ada beberapa fitur dalam Facebook yang bisa dimanfaatkan oleh para guru dan pembimbing di sekolah bagi siswanya. Dengan memahami bagaimana social media itu bekerja, maka guru dan pembimbing dapat lebih efektif mencegah kejadian buruk yang tak diinginkan menimpa siswa-siswa mereka di dunia maya.

“Sangat penting bagi guru dan pembimbing di sekolah untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana mengelola insiden digital yang kerap dialami siswa mereka. Ada tool dan aplikasi yang dapat membantu mereka untuk itu,” jelas presiden iKeepSafe, Marsalil Hancock.

Sementara Joe Kaplan dari Facebook menyatakan bahwa pihaknya sangat komit untuk membantu remaja dan pihak pengajar memahami nilai edukasi social media. Walau masih berjalan di Amerika, panduan program ini dapat dimanfaatkan banyak guru dan pengajar di seantero dunia. Berminat? Sila klik saja www.facebook.com/safety.

Tidak ada komentar untuk "Program untuk Guru & Pembimbing dari Facebook"